Jumat, 19 Agustus 2016

Tiga Aturan Penting Dalam Berolahraga

Ada tiga aturan penting dalam berolahraga yang harus kita perhatikan. Tanpa memperhatikan tiga aturan penting ini, bisa-bisa alih-alih dapat sehat nanti kita malah cedera. Apa sajakah?

1. Jangan lupa lakukan pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga itu adalah seperti kata permisi kepada tubuh untuk bersiap melakukan aktivitas fisik. Ibaratnya bertamu, kalau enggak permisi bisa-bisa bukannya memperpanjang silaturahim malahan kena bogem. Olahraga juga begitu, kalau tidak warming up, badan bisa kaget. Efek terburuk memungkinkan terjadi cedera, efek lain bisa-bisa olahraganya nanti enggak tahan lama.

So, jangan abaikan warming up sebagai salah satu dari tiga aturan penting dalam berolahraga, ya!



2. Latihan Inti

Ketika badan sudah cukup dipanaskan -- jadi serasa mesin, eh tapi emang mesin toh? -- maka saatnya beraksi. Kamu mau olahraga apa? Lari, renang, atau yoga? Pssst, saya beraninya cuma nyebut tiga olahraga kegemaran saya sendiri doang hehe. Silakan, lakukan sesuai porsinya. Kenalilah kebutuhan tubuh kamu masing-masing. Jangan maksa, jangan ngoyo. Ingat, olahraga itu demi kesehatan bukan sok mau dibilang ya! Jangan belum saatnya melakukan headstand (salah satu asana dalam yoga) eh karena kalau difoto trus diupload kelihatannya keren, lantas maksa. Duh, sayang leher sayang leher hehehe.

Oh ya latihan inti ini juga sebaiknya dilakukan bertahap, ya. Seperti misalnya saya saat ini sedang belajar lari dari kenyataan, ya enggak bisa dong ujug-ujug keliling satu lapangan ala sprinter. Bisa-bisa pingsan nanti. Saya awali dengan jalan cepat dulu satu putaran, terus dilanjutkan dengan lari-jalan-lari sesuai kemampuan.

3. Cooling down

Setelah pemanasan yang dilanjutkan dengan latihan inti, lalu apalagi? Mandi trus makan nasi sebakul? Aduh, jangan! Kalau sebelum mulai olahraga diawali dengan permisi, maka ketika selesai harusnya juga diakhiri dengan perpisahan yang smooth. Ya, nggak jauh bedalah dengan ketika kamu mau mutusin doi. Yang, aku enggak mau pacaran tapi nikah juga belum siap, jadi kita putus aja, yah? Eh!
Sehabis lari sepuluh putaran misalnya, itu badan kan pasti sedang panas-panasnya tuh, nah jangan langsung mandeg trus udah. Bisa kaget nanti otot-otot kamu. Cooling down lah dengan memelankan laju lalu berjalan satu putaran. Setelah itu lakukan beberapa gerakan strecthing untuk mengembalikan otot pada kondisi stabil.

Yap, kurang lebih seperti itulah tiga aturan penting dalam berolahraga. Insya Allah dengan melakukan ketiganya, akan ada keuntungan yang kamu rasakan atas tubuh kamu sendiri akibat olahraga. Olahraga bukan cari pegel, kok, ya nggak sih?

Salam Blogahraga!

Tidak ada komentar: