Rabu, 09 November 2016

Bahagianya Menemukan Klub Renang Muslimah

Sudah sejak kecil saya menyenangi olahraga berenang. Sampai SMA saya masih sesekali melakukan olahraga basah-basahan ini. Ketika kuliah, lalu berhijab, kemudian punya anak dan seterusnya dan seterusnya, berenang menjadi nyaris terlupakan. Bukan terlupakan sih, tepatnya sengaja dilupakan. Apa pasal? Susah menemukan kolam renang umum yang dikhususkan bagi perempuan. Ladies only. Ya, saya tahu, hari gini sudah banyak baju renang yang didesain khusus untuk muslimah, bahkan jauh sebelum isu burqini muncul. Tapi itu tidak cukup bagi saya. Berenang, bagaimana pun aktivitasnya adalah nyemplung ke dalam air. Bagaimana pun sopannya pakaian kita tetap saja bakalan njeplak kalau basah. Kan bisa pilih baju yang longgar? Iya, tapi nanti klepek-klepek (apaan tuh? :p) di dalam air, tidak waterodinamis (apa pula ituuuh hahaha), mau olahraga malah jadi ribet sama baju.



Jadi saya tidak pernah cukup percaya diri untuk berenang di tempat umum yang bercampur. Lain soal dengan main air di pantai, sih. Kalau itu saya suka nekat, dengan asumsi laut mah luas bangetlah. Lagipula nyemplungnya masih bisa dengan pakaian-pakaian longgar. Meski menurut standard keamanan penjaga pantai ala baywatch itu sangat terlarang. Tapi memang benar sih, seharusnya pakaian untuk berenang itu memang perlu desain khusus, plus yang bahannya ringan. Mencegah kemungkinan bahaya terseret dan semacamnya kan? Bayangin aja, gamis dibawa nyemplung, berat bo!

Okay, ini sebenernya mau ngebahas apa?

Ah, iya! Setelah bertahun-tahun yang asliiii lama banget, akhirnya sekitar September ini saya menemukan klub renang muslimah di kota saya. Sumpah, seneng banget saya dengernya! Apalagi kolam renangnya bagus. Uyeay sekali pokoknya! Rasanya tiap pekan tidak sabar menunggu hari untuk berenang tiba. Nyandu banget. Untungnya kecanduan positif. Olahraga.

Dan jangan salah, klub renang muslimah ini peminatnya banyak, lho. Rupanya banyak muslimah yang merindukan aktivitas ini, dengan bebas, full privacy. Terima kasih khusus saya sampaikan kepada para perintis klub berenang muslimah ini. Tanpa mereka entah mungkin baru kapan saya bisa berenang seperti dulu lagi. Tanpa mereka entah apakah saya akan punya kesempatan belajar loncat dari tepi kolam, jumping into the water dan lain-lainnya. Ah iya, soal teknik-teknik berenang ini rencananya saya akan bikin postingan khusus lain kali, ah! Menarik soalnya, banyak dari kita yang masih kurang memahami renang sebagai olahraga. Bagaimana maksudnya itu? Nanti, ya, kapan-kapan saya posting!

Dari segi tinjauan bisnis, saya yakin keberadaan klub renang muslimah ini sangat menguntungkan bagi pengelola. Padahal kami hanya membooking satu hari pada weekday untuk dijadikan hari berenang. Saya nggak akan heran jika laporan keuangan mereka akan melonjak gara-gara aktivitas kami ini. Yah, win-win solution lah. Terima kasih juga kepada pihak kolam renang yang mengizinkan diadakannya hari khusus muslimah ini. Soalnya saya pernah menanyakan kepada pengelola salah satu kolam renang lain di kota saya, "Bu, tidak bisakah dibikin satu hari khusus untuk pengunjung perempuan saja?" Si ibu menggeleng tanda jawaban tidak. Sayanya juga salah mungkin, ya, bertanya dengan starting words 'tidak bisa' jadi jawabannya ngikut negatif juga hehehe. Lagian, coba saya bertanya sembari mengajukan proposal bahwa sudah ada peminatnya sekian orang dengan rincian keuntungan sekian sekian. Yaa, memang belum rezekinya hehe.

Ya, sudah, pokoknya bahagianya menemukan klub renang muslimah ini! Semoga kami langgeng ;)

Salam Blogahraga!

Tidak ada komentar: